Kota Medan Ibu Kota Sumatera Utara

Medan Kota Wisata

Sejarah Medan

Kota Medan merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya sekaligus menjadi kota terbesar di Pulau Sumatera. Medan memiliki banyak potensi strategis, mulai dari letak geografisnya, potensi masyarakatnya hingga latar belakang sejarahnya. Modal ini menjadi modal utama kebangkitan Medan menjadi kota metropolitan yang modern dan religious.

Kata “Medan” secara etiomologis berasal dari kata bahasa Tamil Maidhan atau Maidhanam, yang berarti tanah lapang atau tempat yang luas, teradopsi ke Bahasa Melayu.

Dari aspek historis Medan pada mulanya adalah sebuah kampung yang dibangun oleh Guru Patimpus Sembiring yaitu perkampungan yang dulu berlokasi persis di muara Sungai Babura. Saat ini lokasi tersebut tidak jauh dari kampus Universitas Panca Budi di Jalan Jenderal Gatot Subroto sekitar tahun 1590. Kampung kecil inilah yang kemudian tumbuh menjadi kota kecil dan berpenghuni mayoritas suku Melayu.

Perayaan hari jadi Kota Medan tiap tahun sejak tahun 1970 dan pada mulanya jatuh pada tanggal 1 April 1909. Namun karena adanya perdebatan kalangan akademik tentang tanggal hari jadi ini akhirnya berubah hari tanggal 1 Juli.

Kota Medan

Medan Idola Wisatawan

Pasca kemerdekaan tanggal 17 Agustus 1945 Pemerintahan Republik Indonesia meresmikan Medan sebagai bagian dari Indonesia di Provinsi Sumatera Utara. Selanjutnya menjadi sebuah kota yang telah baku sebagai kotamadya pada masa itu. Berikutnya Medan resmi sebagai Ibu Kota Provinsi Sumatera Timur.

Sejak tahun 1950, Medan telah beberapa kali melakukan perluasan areal, dari 1.853 ha menjadi 26.510 ha pada tahun 1974. Dengan demikian dalam tempo 25 tahun setelah penyerahan kedaulatan, Medan telah bertambah luas hampir delapan belas kali lipat.

Berbanding situasi saat ini, Medan telah tumbuh menjadi kota metropolitan yang modern. Saat ini Medan menjadi salah satu destinasi wisata di Indonesia yang ramai dikunjungi oleh wisatawan. Medan menjadi idola pemburu wisata belanja dari Malaysia. Wisatawan Malaysia memburu mulai dari produk jadi berupa pakaian muslim hingga bakal pakaian yang mereka borong untuk dibawa ke negaranya. Program paket tour medan menyangkut beberapa hal antara lain: paket city tour medan, oleh-oleh khas medan, wisata kuliner medan dan lain-lain.

Leave a Reply