1.820.3345.33 Contact@TravelTourWP.com

Login

Sign Up

After creating an account, you'll be able to track your payment status, track the confirmation and you can also rate the tour after you finished the tour.
Username*
Password*
Confirm Password*
First Name*
Last Name*
Email*
Phone*
Country*
* Creating an account means you're okay with our Terms of Service and Privacy Statement.

Already a member?

Login

Pulau Samosir, Pulau yang indah di tengah Danau Toba

Pulau Samosir menjadi bagian dari Danau Toba. Paket tour samosir yang kini ada bermula dari kisah masa lalu sebuah pulau yang luasnya lebih besar dari pada negara Singapura ini terjadi bersamaan riwayatnya dengan Danau Toba yang tercipta dari letusan gunung berapi bernama “Gunung Toba”  74,000 tahun silam. Peristiwa letusan gunung super dahsyat ini menyebabkan kepunahan manusia, hewan dan tumbuh-tumbuhan serta kerusakan alam yang sangat parah. Fossil akibat ledakan gunung berapi tersebut menyebar ribuan kilometer dari lokasi letusan seperti Lombok, Pulau Pinang Malaysia dan India.

Letusan super dahsyat tersebut kini menyisakan Danau Toba yang membentang luas sepanjang 100 km dari barat ke timur dan 30 km dari utara ke selatan dengan segala keindahan yang dimilikinya. Pulau Samosir yang telah menjadi tempat kelahiran sejarah asal muasal suku Batak Toba tentulah tidak mudah dihapus dari sejarah peradaban manusia. Pulau yang terletak di tengah Danau Toba itu kini telah dibangun dan menjadi salah satu destinasi wisata melalui program bernama paket tour samosir.

Seiring dengan perkembangan zaman dan peradaban manusia, Samosir saat ini menjadi nama sebuah Kabupaten di Provinsi Sumatera Utara yang merupakan Kabupaten pemekaran dari Kabupaten Toba Samosir pada tahun 2003 yang pada awalnya juga bagian dari Kabupaten Tapanuli Utara.

Di pulau ini juga terdapat dua buah danau kecil sebagai daerah wisata yaitu Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang yang mendapat julukan “danau di atas danau”.

Ambarita Village

Pulau Samosir kini telah menjadi destinasi wisata yang sangat terkenal. Agen-agen perjalanan wisata di Medan menyusun paket wisata samosir sedemikian rupa sehingga nyaman dan menyenangkan bagi para wisatawan. Pilihan paket tour medan danau toba yang dimulai dari Bandara Kuala Namu Medan atau paket tour silangit danau toba ditawarkan sesuai dengan keinginan dari para wisatawan.

Kadang program tour ke pulau samosir memang harus diadaptasikan dengan keadaan dan keinginan wisatawan. Banyak orang yang akhirnya tidak dapat menyaksikan indahnya perjalanan menelusuri paket wisata danau toba selama bertahun-tahun hanya karena panjangnya perjalanan yang harus ditempuh dari Bandara Kuala Namu Medan hingga ke Parapat. Dibukanya Bandara Silangit di dekat Danau Toba bisa membuka tabir yang selama ini menjadi penutup kesempatan itu dan kini setiap orang dapat menyaksikan dan menikmati syahdunya paket tour samosir tanpa menghabiskan perjalanan yang cukup jauh.

Tempat Wisata Di Pulau Samosir

Wisata Pulau Samosir pertama yang bisa kamu nikmati adalah wisata budaya dan sejarah di Desa Tomok. Desa tradisional ini dikenal juga dengan pintu gerbang dan pengenalan Samosir, jika melalui Pelabuhan Ajibata, Parapat. Saat pertama kali masuk ke desa, kamu akan disambut dengan objek wisata sigale-gale.

Sigale-gale adalah boneka kayu, boneka itu dimainkan dan orang-orang akan menari dengannya. Wisatawan bisa menari bersama sigale-gale. Kalau tidak ingin menari, kamu bisa berfoto saja dengannya secara gratis. Tidak jauh dari sigale-gale terdapat monumen TungTung, instrumen dari kayu atau bambu yang bisa ditabuh dan berfungsi untuk memberikan penanda adanya kejadian yang ada di masyarakat.

Kamu juga bisa mengunjungi kuburan tua Raja Sidabutar, orang pertama yang bermukim di Tomok dan membangun kekuasaannya di sana. Di dalamnya kamu bisa menemukan makam tua berusia ratusan tahun dengan bentuk yang unik.

Kamu juga bisa mengenal sejarah orang Batak dengan berkunjung ke Batak Museum Tomok, di sana terdapat banyak barang peninggalan sejarah masyarakat Batak seperti tempat tidur, tombak, alat untuk berburu, alat memasak, pakaian adat, dan masih banyak lainnya.

Belum puas dengan Desa Tomok? Kamu bisa ke TukTuk, desa yang menawarkan panorama indah dari Danau Toba. Di sana kamu bisa menikmati Danau Toba dari sudut yang berbeda. Tak hanya itu saja di sana kamu juga bisa menikmati olahraga air seperti kano, jet ski, waterbikes, atau berenang. Jika tidak ingin bermain air kamu bisa memancing atau bersepeda berkeliling desa untuk menikmati indahnya Danau Toba.

Ingin melihat bukti praktik kanibalisme suku Batak? Datang saja ke Ambarita, yang merupakan desa kuno orang Batak. Konon zaman dahulu di desa itu sering terjadi praktik kanibalisme. Sebagai buktinya terdapat dua buah rangkaian kursi batu berumur ratusan tahun yang di susun melingkar dengan cekungan miring di bawah pohon hararia tua, rangkaian batu itu disebut batu persidangan.

Di sana adalah tempat tetua adat untuk menentukan nasib penjahat atau musuh. Jika divonis bersalah maka akan dieksekusi mati, dan beberapa bagian tubuhnya diambil untuk dimasak. Mengerikan? Tetapi, sayang jika kamu tidak melihat peninggalannya secara langsung.

Leave a Reply