Keindahan Danau Toba Yang Tiada Tanding

Tour Danau Toba Dalam Kajian Wisata

Program tour danau toba merupakan salah satu produk wisata terdepan di Sumatera Utara. Sungguh merupakan anugerah terbaik dari Tuhan Yang Maha Kuasa kepada segenap alam di bumi ini. Keindahan Danau Toba tak perlu diragukan lagi karena jutaan penduduk bumi telah menyaksikannya. Danau Toba memang bukan buatan manusia. Semua orang pun menyadari bahwa objek ini pasti buatan yang maha kuasa. Sejarah geologi menceritakan bahwa Danau Toba terjadi 73 ribu tahun silam dari letusan sebuah gunung berapi.

Kawasan danau ini membentang sepanjang 100 km dengan lebar 30 km dan saat ini menjadi milik 7 Kabupaten di Sumatera Utara. Ketujuh Kabupaten tersebut adalah Simalungun, Tanah Karo, Dairi, Samosir, Toba, Tapanuli Utara dan Humbang Hasundutan. Di tengah danau ini terdapat sebuh pulau yang cukup besar bernama Pulau Samosir yang luasnya hampir sama dengan Singapura. Kehadiran Pulau Samosir ini menjadi ikon tempat wisata danau toba.

Kawasan ini berada di antara beberapa sub etnik Batak, antara lain: Toba, Simalungun, Karo dan Dairi. Masing-masing etnik menduduki dan menguasi daerahnya masing-masing. Mereka siap menjaga agar wisata danau toba tetap eksis sepanjang masa. Oleh karena itu setiap Kabupaten sebagai stake holder yang menjalankan program kerjanya untuk memberdayakan masyarakat dan potensi daerah masing-masing.

exotic lake toba
sawah rakyat di Pulau Samosir

Kemajuan Danau Toba

Saat ini destinasi wisata samosir tumbuh menjadi salah satu destinasi terdepan di Indonesia. Oleh karena itu tour operator di Sumatera Utara mendesain program wisata danau toba untuk menjadi produk unggulan mereka.

Para pelaku wisata terus-menerus membangun tempat wisata ini dengan sebaik-baiknya. Dengan demikian, produk yang ditawarkan kepada pada wisatawan benar-benar yang terbaik. Semua pelaku wisata dan Pemerintah Daerah sepakat untuk membangun objek wisata di kawasan ini semakin baik.

Tidak mengherankan bila saat ini baik turis domestik maupun turis manca negara terus-menerus datang ke Danau Toba. Salah satu alasannya karena program tour di sini memang tidak terlalu sulit dijangkau. Banyak travel agent medan yang siap untuk membantu siapapun yang ingin datang ke objek wisata ini.

Sejujurnya program paket wisata samosir menjadi lebih variatif saat ini dari pada beberapa tahun sebelumnya. Ini adalah hasil karya dari para pelaku wisata yang pro aktif mengembangkan destinasi wisata di kawasan tersebut. Selain itu, membaiknya infrastruktur termasuk jalan toll dari Medan hingga Tebing Tinggi sangat membantu kelancaran transportasi.

Selain itu, pengoperasian Bandara Silangit membawa turis ke Sumatera Utara juga berkontribusi terhadap kelancaran perjalanan turis ke Pulau Samosir. Kita berharap destinasi wisata di kawasan ini akan menjadi destinasi wisata nomor satu di Indonesia.

Objek Wisata Baru di Kawasan Danau Toba

Selama beberapa tahun terakhir, Danau Toba memang banyak berbenah diri dalam hal penambahan objek wisata di daerah mereka, antara lain:

1. Pantai Pasir Putih Parparean

Pantai Pasir Putih Parparean berlokasi di kawasan Kaldera Danau Toba tepatnya di Desa Parparean II Kec Porsea Kabupaten Toba Samosir Sumatera Utara. Untuk tiket masuk gratis tidak di pungut biaya hanya membayar uang parkir saja. Untuk biaya parkir mobil hanya 5.000 (harga sewaktu-waktu mungkin bisa berubah).

2. Bukit Sibeabea

Bukit Sibea-bea Merupakan destinasi religi yang terletak di Harian Boho, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Indonesia. Daya tarik utama objek wisata ini adalah hadirnya sebuah patung Yesus di puncak bukit Sibea-bea. Selain itu, Selain memiliki Patung Yesus, Bukit Sibea-bea Samosir merupakan kawasan wisata bukit yang ditata modern, sangat khas dengan jalannya yang berliku-liku tetapi nyaman untuk dilintasi. Tidak hanya itu, bukit ini juga dikenal karena indahnya panorama alam Toba di ketinggian 1.021 meter di atas permukaan laut.

Leave a Reply